Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memasuki tempat kerja baru? Berikut ini 9 tips beradaptasinya



Memasuki tempat kerja baru berarti Anda harus siap dengan segala perubahan iklim kerja, perubahan lingkungan pertemanan dengan rekan kerja, bos baru, tanggung jawab baru, gaji baru, dan kemungkinan tantangan baru.

Pada hari pertama bekerja, siapa pun akan merasa gugup dan sedikit cemas. Terkadang Anda gugup karena tidak tahu suasana di kantor.

Kemampuan beradaptasi yang baik diperlukan di sini. Singkatnya, semakin cepat Anda dapat beradaptasi, semakin cepat Anda dapat bekerja sebaik mungkin. Berikut adalah 9 tips yang akan membantu Anda beradaptasi dengan tempat kerja baru Anda.

1. Fokuskan Perhatian Anda Selama Proses Pengenalan

Tentunya sebagai karyawan baru, Anda akan mendapatkan bimbingan dari tim HRD yang membantu Anda di minggu-minggu pertama Anda bekerja.

Selama minggu perkenalan ini, tentunya Anda akan diperkenalkan dengan berbagai informasi terkait internal perusahaan. Mulai dari struktur organisasi, ruang lingkup kegiatan usaha perusahaan, visi dan nilai-nilai yang dianut perusahaan, serta lingkungan departemen tempat Anda bekerja.

Tujuan pengenalan ini adalah untuk memperkenalkan sisi baik perusahaan dan membuat karyawan baru mengenal budaya, peraturan, gaya kerja, dan departemen yang ada.

Selama minggu-minggu perkenalan, fokuskan tubuh dan pikiran Anda, cobalah untuk tidak tidur terlalu larut hingga keesokan harinya Anda berpotensi mengantuk dan fokus Anda menurun. Perhatikan dan tanyakan jika ada hal-hal yang tidak jelas bagi Anda sehingga ketika Anda mulai bekerja, tidak ada lagi hal-hal yang menghalangi Anda.

2. Tenang dan amati lingkungan sekitar

Menjadi seorang pemula di kantor baru terkadang bisa membuat Anda sangat rentan untuk menjadi terlalu antusias. Meskipun hal ini sebenarnya cukup normal karena dengan memasuki lingkungan baru, Anda ingin diakui oleh orang-orang di sekitar Anda. Namun, dengan semangat seperti itu, Anda bisa dianggap berlebihan ( lebay ) dan terlalu banyak berkata yang tidak perlu.

Pada tahap pertama ini, dapat membatasi kerja tim Anda di masa depan dan menyulitkan Anda untuk berbaur karena Anda terlalu proaktif.

Selama bulan pertama Anda bekerja sebagai karyawan baru, penting untuk mengamati lebih dari sekadar menunjukkan antusiasme. Daripada terus berbicara, lebih baik melakukan pekerjaan sebaik mungkin, berkualitas dan selesai dalam waktu singkat.

Tidak apa-apa untuk banyak mengobrol saat makan siang atau waktu istirahat, sebagai kesempatan untuk mengamati sifat dan perilaku rekan kerja di tim yang sama dengan Anda.

3. Bicaralah dengan Volume yang Sama

Untuk beradaptasi dengan tempat kerja baru, cobalah berbicara dengan volume yang sama dengan lingkungan Anda. Jika di tempat kerja baru Anda orang-orang berbicara dengan suara rendah karena tuntutan pekerjaan, jangan pernah mencoba berteriak atau bersuara keras.

Di sisi lain, jika orang-orang di tempat kerja Anda membutuhkan volume tinggi untuk dipahami dan didengar rekan kerja, maka jangan berbicara dengan lembut. Perhatikan situasinya, volume adalah salah satu hal yang dapat Anda kendalikan ukurannya.

4. Bangun Peluang Persahabatan

Untuk bisa dikenal dan dikenal oleh rekan kerja, Anda tidak bisa duduk diam dan menunggu orang lain bertanya kepada Anda. Kamu perlu mempersiapkan diri dengan mencari bahan obrolan sebanyak mungkin untuk membangun pertemanan baru agar kamu bisa berhasil beradaptasi dengan perusahaan baru.

Memperhatikan berita apa yang sedang terjadi di dalam negeri atau bahkan di luar negeri, makanan apa yang paling banyak dibicarakan orang, isu apa yang sedang hangat saat ini, bahkan yang sederhana seperti hobi, film favorit, dan lagu favorit bisa membantu dua orang yang dulunya tidak tahu. satu sama lain mulai membangun persahabatan yang sehat.

5. Bersikap Sopan kepada Semua Orang

Jangan merasa terlalu rendah diri saat bertemu dengan bos atau manajer Anda. Sapa dengan sopan sambil berbasa-basi. Juga bersikap sopan kepada semua orang baru yang Anda temui, setidaknya jika Anda berpapasan, jangan memalingkan muka dan berusaha memberikan senyum terbaik Anda. Siapa tahu, orang yang secara tidak sengaja berpapasan di masa depan akan menjadi bos Anda.

Pada hari pertama Anda bekerja, jika tidak ada yang mengundang Anda untuk makan siang, cobalah bertanya kepada karyawan lama di mana tempat makan siang yang paling nyaman.

Mungkin Anda merasa tidak nyaman memulai interaksi dengan orang yang masih asing, namun sebaliknya juga seperti itu, karyawan lama mungkin sudah lupa betapa tidak nyamannya menjadi anggota baru di kantor. Dengan bersikap sopan kepada semua orang, peluang Anda untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja meningkat.

6. Pelajari perusahaan sedetail mungkin

Beradaptasi dengan tempat kerja baru berarti mempelajari detail perusahaan. Baca website perusahaan, perdalam visi dan misinya dan hubungkan dengan visi dan misi pribadi Anda, sehingga Anda lebih termotivasi untuk bekerja. Baca juga segala hal yang berkaitan dengan perusahaan yang terbuka untuk umum, seperti laporan tahunan, brosur, artikel majalah, dll.

Jika Anda memiliki senior yang dikenal, tanyakan lebih banyak tentang budaya kerja di kantor. Pelajari nama-nama pemimpin perusahaan, dari yang tertinggi hingga manajer yang menangani Anda. Buat diri Anda terbiasa dengan nilai-nilai perusahaan.

7. Tentukan 3 Kualitas Anda

Agar tidak kehilangan jati diri, tentukan 3 hal yang ingin Anda definisikan sebagai hal yang membuat Anda dikenal sebagai orang yang memiliki hal-hal tersebut. Misalnya, Anda ingin dikenal sebagai pekerja keras, solutif, dan ambisius.

Jika Anda sudah tahu bagaimana Anda ingin dikenal, cobalah mulai dari hari pertama bekerja untuk menunjukkan citra diri itu. Selesaikan pekerjaan sebelum batas waktu jika Anda ingin diakui sebagai pekerja keras. Aktif dalam memberikan solusi pada pertemuan-pertemuan jika ingin dikenal sebagai orang yang memberikan solusi.

8. Hindari Keluhan

Selama minggu-minggu pertama Anda bekerja di tempat baru, pasti ada hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman, sehingga Anda dapat membandingkannya dengan perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya.

Apa pun itu, seperti bos yang seolah tidak menganggap Anda manusia saat memberi pekerjaan, rekan kerja yang tidak membantu menyelesaikan pekerjaan, ruang kerja yang kurang nyaman, dan berbagai keluhan lainnya, sebaiknya Anda simpan untuk sementara waktu.

Menjadi karyawan baru berarti Anda tidak memiliki ruang untuk mengeluh dan Anda tidak boleh terjebak dalam situasi yang tidak nyaman. Lebih baik pikirkan hal-hal yang membaik dari kantor sebelumnya.

9. Atur Tempat Kerja Anda

Pelajari di mana Anda akan bekerja dan berapa banyak ruang kerja yang Anda miliki. Jika Anda harus berbagi meja dengan rekan kerja, bicarakan tentang pembagiannya dan cara merapikannya.

Atur tempat kerja Anda dengan gaya yang menggairahkan Anda. Letakkan barang-barang yang Anda butuhkan di tempat yang dekat dengan jangkauan. Sesuaikan ketinggian kursi agar sesuai dengan tinggi badan Anda. Tambahkan foto keluarga di meja Anda jika itu membuat Anda lebih bersemangat.

Itulah 9 tips beradaptasi di tempat kerja baru. Dengan mengetahui dan menerapkan sembilan tips di atas, Anda akan lebih mudah beradaptasi dan bekerja secara maksimal dengan hubungan baik dengan rekan kerja baru. Semoga beruntung!

Post a Comment for "Memasuki tempat kerja baru? Berikut ini 9 tips beradaptasinya"